Jumat, 26 Februari 2010

Budaya Ilmu Al-Hikmah (season1)

Awal perkembangan Budaya Al Hikmah di Indonesia dikenalkan pertama kali oleh para ulama Islam pada masyarakat Indonesia yang kemudian berkembang pada masa perjuangan mendapatkan Kemerdekaan saat itu. Ilmu Hikmah yang berkembang di Indonesia sangat banyak sekali ragam dan variasinya, yang mana hal tersebut bias terjadi karena seiring perkembangannya.

Ilmu Hikmah ini dipergunakan sebagai salah satu sarana untuk membela diri dari gangguan Internal maupun gangguan Eksternal. Baik itu berbentuk fisik maupun non-fisik. Selanjutnya dikarenakan dalam ke Ilmuan Hikmah ini terkait erat dengan adanya perkembangan batiniah dan religius orang yang mengamalkannya yang memungkinkan bagi orang tersebut untuk dapat berhubungan dengan alam yang lebih halus dan atau alam yang lebih tinggi, maka tidak jarang orang tersebut myang mengamalkannya miliki kemampuan yang tersendiri yang diperolehnya melalui suatu pengalama ruhaniah.

Tenaga dalam Hikmah ini memiliki kurikulum sendiri yang terdiri dari adanya Zikir yang harus di amalkan serta adanya teknik pernapasan dan jurus yang harus di lakukan yang akan di terangkan di dalam tulisan ini selanjutnya.masing masing perguruan Ilmu Hikmah memiliki teknik yang berbeda, walaupun sering kita lihat bahwa perbedaan tersebut hanyalah sedikit sekali. Hal tersebut bias terjadi karena adanya perbedaan pengalamaan ruhaniah yang di alami oleh para guru dari masingmasing perguruan tersebut.

Pembahasan Tenaga dalam hikmah dalam tulisan ini tentu saja tidaklah dapat merangkum dan menjelaskan semua hal mengenai tenaga Dalam Hikmah. Tetapi paling tidak semoga dapat memberi pengetahuan baru dan tambahan wawasan bagi kita semua mengenai salah satu khasanah budaya Islam Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar